Selasa, 27 Desember 2011

Panduan Jitu Untuk Langsing


Ingin langsing? Mulai sekarang perhatikan asupan kalori Anda per hari.
Berapa banyak kalori yang harus dimasukkan ke dalam tubuh untuk menurunkan berat badan? Inilah petunjuk mudah menjaga lingkar pinggang Anda!Tubuh bekerja ibarat mobil yang berjalan 24 jam non stop. Untuk itu, dibutuhkan bensin dalam jumlah tertentu yang disebut dengan 'kalori'. Bila Anda ingin menurunkan berat badan, jumlah kalori (kal) yang masuk harus lebih sedikit daripada yang dipakai. Umumnya tiap hari, kita butuh jumlah 800-1500 kal, tergantung tinggi dan berat badan Anda, kecepatan penurunan berat badan yang diinginkan, dan aktivitas fisik sehari-hari. Makin banyak penurunan berat badan yang diinginkan, maka kalori yang masuk harus lebih sedikit. Setiap makanan mengandung jumlah kalori yang berbeda, dan tidak dapat dilihat secara kasat mata sebagai contoh:
1. Minyak atau mentega sebesar kuku ibu jari Anda mengandung 50 kal.
2. Buah sebesar bola tenis kira-kira 50 kal
3. Daging ayam sebesar tumpukan kartu remi mengandung 100 kal
4. Nasi sebesar 1 gelas belimbing adalah 200 kal
5. Sayur seukuran bola lampu kira-kira 25 kal
Pilihlah makanan yang mengenyangkan namun mengandung sedikit kalori. Makanan berlemak dan olahan, berkalori besar dan tidak mengenyangkan. Misalnya, 1 potong pizza keju ukuran seperdelapan mengandung sekitar 400 kal. Coba bandingkan dengan 1 gelas nasi (200 kal) + 1 dada ayam bakar berbumbu seukuran tumpukan kartu (100 kal) + brokoli rebus seukuran bola lampu (25 kal) + 1 jeruk sebesar bola tenis = total 375 kal. Bila ditambahkan minyak seujung ibu jari kuku, jumlah kalorinya pun sama. Tetapi cakupan gizinya lebih baik daripada mie instan, bukan?
Menghitung kalori ternyata tak mudah, karena banyak sekali variasi makanan. Bisa-bisa Anda harus terus menghitung seperti akuntan dan membawa kamus kalori ke manapun Anda pergi. Resiko menghitung kalori adalah Anda menjadi terpancang pada hitungan dan menjadi ketakutan karena semua makanan mengandung kalori. Sebaliknya, Anda ikuti saja piramida makanan berikut ini untuk mendapatkan berat badan ideal.

Makanlah minimal 2 porsi buah dan 2 porsi sayur setiap harinya. Masukkan porsi protein atau lauk berupa ayam, ikan, tahu, tempe (yang besarnya seukuran tumpukan kartu remi), atau telur. Tambahkan 2 porsi karbohidrat baik seperti oat, kentang rebus, nasi merah atau roti gandum. Batasi makanan olahan tepung, makanan manis dan gorengan menjadi 1 kali sehari. Atau secara kasar, cobalah makan buah dan sayur dalam porsi yang lebih banyak daripada protein. Porsi karbohidrat dianjurkan lebih sedikit daripada protein dalam satu hari. Porsi makanan berminyak dan olahan tepung serta gula, harus paling sedikit. Bila Anda berdiet sendiri tanpa bantuan ahli gizi, cara ini lebih gampang diikuti daripada menghitung kalori. Ingatlah bahwa menjadi gemuk itu pilihan, bukan nasib. Selamat mencoba!

sumber: » Panduan Jitu Untuk Langsing - tips kesehatan kecantikan gaya hidup wanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar