Minggu, 25 Desember 2011

Memasang Kotak Pencarian di Blog dengan Google CSE

Memasang kotak pencarian ke dalam blog sangatlah penting, mengingat fungsinya untuk mempermudah para pengunjung blog kita dalam mencari sesuatu yang berada di dalam blog kita. Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan yang membahas masalah "cara memasang kotak pencarian di blog". Bedanya kali ini membahas cara memasang kotak pencarian blog dengan menggunakan jasa Google Custom search Engine.

ada yg bertanya apa itu Google Custom Search Engine (Google CSE). Singkatnya, ini adalah layanan yg telah disediakan oleh Google berupa layanan dalam kostumisasi atau pengaturan form pencarian untuk blog atau web kita, di mana dalam maslah pengaturannya bisa disesuaikan dengan selera kita. Mungkin sebagian dari teman-teman Blogger ada yang sudah menggunakannya, karena di pelihan Gadget Blogger sendiri telah disediakan di sana. Biasanya teman-teman akan melihat opsi Google CSE di elemen add gadget (Login blogger => Tata Letak => add Gadget => Pilih pencarian Google). namun, google CSE yg telah disediakan di dalam elemen add gadget blogger ini memiliki batasan dalam kostumisasi. Di sana teman-teman hanya dihadapi dengan beberapa opsi seperti: lingkupan pencarian meliputi blog anda sendiri, blog yg ad di dalam list blog anda, maupun web (pencarian Google secara global). Namun, bagi teman-teman yang benar2 ingin memasang Form pencarian Google CSE ke dalam blognya masing2 jangan kecewa dulu dengan hal ini. Teman-teman bisa langsung mengunjungi situs asli Google CSE. Penasaran dengan tampilan Google CSE ini? Coba lihat pada sidebar kanan blog ini! maka teman-teman akna melihatnya seperti berikut ini:

1. Penampilan sebelum melakukan pencarian





2. Penampilan setelah melakukan pencarian (hasil akan ditampilkan dalam bentuk spoiler/melorot ==> Silahkan anda coba sendiri). Ini lah perbedaan antara form pencarian biasa dengan form pencarian yg menggunakan Google CSE























Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk membuatnya/memasang ke dalam blog/web masing-masing, silahkan ikuti langkah2 berikut:

Catatan: Pastikan anda telah login ke akun Google anda atau akun Blogger anda!!!


1. Surfing ke situs asli Google CSE

2. Sesampai di situs Google CSE, silahkan untuk langsung mengklik tombol "Create a Custom Search Engine"

3. nanti akan ad formulir yang harus anda isi yang meliputi:

-. Search engine name: Itu adlah nama search engine milik anda, nama anda Paijo? Silahkan anda namakan search engine anda dengan nama Paijo's Google, dsb (hanya contoh)

-. Search engine description: Tulis deskripsi tentang search engine anda tersebut, seperti ini (contohnya) => "Search engine untuk mencari postingan di blog t4belajarblogger.blogspot.com". Selanjutnya anda bisa membuat deskripsi yg lebih keren, dan tentunya terserah anda.

-. What do you want to search? ==> Pastikan untuk opsi yg ini anda pilih opsi "Only sites I select." Dengan pengertian, hanya alamat situs/situs2 yg anda ketik lah nanti yg bisa tampil dalam pencarian Google CSE blog anda.

-. Select some sites ==> di kolom kosong ini anda harus mengisikannya dengan alamat web/blog anda, contoh: http://t4belajarblogger.blogspot.com/ dan kalau anda ingin menampilkan lebih dari satu situs ke dalam kotak pencarian anda, ya...di isi saja semuanya. Namun, format pengisiannya harus dengan cara satu URL satu baris, contoh:

alamat satu

alamat dua

alamat tiga

alamat seribu dan strusnyo

-. Pilih "Standard edition" jika anda ingin yg gratisan, bagi anda yg ingin memilki lebih, silahkan pilih "Business edition". Apa kekurang dan kelebihannya? Silahkan baca, di sana ad keterangannya^ ==> centang "I have read..." ==> Lalu kliklah "Next"!!!

-. Dah itu anda akan dibawa ke halaman percobaan tampilan Google CSE yg telah anda atur. Jika anda telah merasa mantap dengan pilihan anda, silahkan langsung anda klik "Finish", maka kode HTML pencarian anda akan dikirim ke alamat email anda, yaitu alamat email yang anda gunakan untuk login Blogger atau alamat email Gmail anda. Perhatikan baik2! di sana ad tulisan "Send confirmation email to alamatemail.anda@apaaja.com" berarti kode HTML-nya telah terkirim ke alamat email anda (alamatemail.anda@apaaja.com) tersebut.

4. langkah selanjutnya yaitu pergi/login ke alamat email anda (alamat email yg tertera di opsi tadi), dan anda akan menemukan email dari Google tentang form Google CSE yg telah anda atur. Selanjutnya anda bisa mengklik link yang mengarahkan anda ke URL pengambilan HTML form pencarian Google CSE, cari link yg menyebutkan "To incorporate your search engine into your site or blog...", berikut screenshot-nya


5. Ambil kode HTML tersebut, pasanglah ke blog anda!!! Gimana...gampangkan kund?



SELESAI!!!

Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar