Selasa, 04 Oktober 2011

Walikota: Kadis Pendidikan Pasti Diganti, tapi Tidak Sekarang

Medan, (Analisa). Walikota Medan, Drs Rahudman Harahap, MM mengatakan Kadis Pendidikan Kota Medan, Drs Hasan Basri, MM pasti diganti tapi pergantian tidak sekarang. "Mau mengganti atau tidak hak prerogatif saya. Maka tanya saya, jangan tanya orang. Pasti kuganti si Hasan karena dia sudah lama di situ, tapi kan saya yang mengatur kapan," kata Rahudman Harahap ketika memberikan sambutan pada Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Standar Pendidikan Global dengan Higher Learning (HL) di Emerald Garden Medan, Kamis (29/9).
Walikota mengaku soal pergantian Kadis Pendidikan adalah 100 persen benar. "Ya, itu pasti kenapa saya harus berbohong, karena dia juga sudah 7 tahun di situ (dinas pendidikan-red) melebihi priode walikota. Tapi apapun yang dilakukan beliau harus dihargai karena ada juga yang baik terobosan yang dilakukan,"puji Walikota disambut aplaus hadirin yang memadati ruang pertemuan itu.

Walikota menegaskan, selama ini tidak ada mengatakan adanya pergantian tapi berita-berita di media masa yang mengatakan "Koran yang bilang, koran yang bilang, saya tidak ada mengatakan tapi pasti ada penyegaran tapi bukan sekarang,"ucapnya berkali-kali saat didesak sejumlah wartawan.

Menurutnya, jabatan harus disyukur, tapi di Pemko Medan ada juga orang yang terkadang diberi jabatan tapi tidak disyukuri. Misalnya, ada yang ingin di dinas ini, tapi diberi dinas yang lain. "Untung ku kasih daripada tidak ada," ucap Rahudman mengkritisi sejumlah bawahannya yang tidak bersyukur.

Jangan Karena Kontraprestasi

Sementara Kadis Pendidikan Kota Medan, Drs Hasan Basri, MM menyikapi soal pergantian dirinya semua dikembalikan kepada Walikota Medan sebagai pimpinannya. Tapi dia meminta agar pergantian tersebut tidak disebabkan kontraprestasi karena selama ini sudah ada prestasi yang dibuat. "Sejelek-jeleknya saya sudah ada juga prestasi yang saya bangun, jangan gara-gara masalah seperti itu hilang semua. Artinya tidak membangun hubungan baik,"kata Rahudman.

Hasan malah bertanya kepada wartawan. Apa seharusnya tindakan yang tepat untuk siswa yang sudah belajar dengan tenang ditinjau secara psikologis. "Kalau secara juknis harusnya,"tanya meneruskan jawaban. Tapi semua karena kebijakan pihak tertentu sehingga siswa jadi korban, kebijakan pun pasti ada akar masalah."Ada penyebab makanya kita tidak punya keinginan anak-anak resah, yang sudah belajar biar mereka belajar, kita melihat guru sudah cukup, ruangan sudah ada,"katanya.

Saat ditanya sistem 100 persen berdasarkan hasil UN sudah tepat. Hasan menjelaskan, sistem ini sebenarnya bagus, tapi masyarakat belum siap. Dia minta sistem ini menjadi sosialisasi tahun ini dan tahun depan semua orang untuk menahan diri untuk tidak melakukan intervensi, karena sekolah tidak begitu kuat. "Bukan kepala dinas yang mengintervensi semua orang bisa kalau dia punya pengaruh, jadi kepala sekolah melihat ada peluang karena sudah ada siswa, sudah ada guru dan ada keinginan pihak-pihak lain membantu,"katanya.

Dia menegaskan, petunjuk teknis (juknis) jangan ‘paku mati’karena juknis dirancang 100 persen berjalan mulus tidak akan masuk akal juga. "Justru itu yang kita lihat, mengapa ini terjadi karena ada kontribusi. Ada siswa yang datang dan membangun kelas. Selama ini kita belum punya kemampuan membangun, belum ada dalam rencana karena ada prioritas lain.Sekarang mereka datang dan membantu ruang kelas. Apakah itu harus kita keluarkan kalau berpedoman dengan juknis, mereka kan anak-anak kita. Guru tidak ada masalah,kepala sekolah juga bisa mengatasi masalah. Jadi tidak ada persoalan sebenarnya,"ucap Hasan enteng.

Saat ditanya semua ulah Kadis Pendidikan. Hasan menegaskan, itu hanya isu dan belum bisa jadi pembenaran.

"Tidak dari kita semuanya. tidak ada intervensi dari kita, siapa datang bilang dengan kepala sekolah, keberanian milik mereka, dan kewenangan juga milik mereka. Mereka itu harus berani,"katanya.

Saipul Jamil Kecewa Berita Klaim Asuransi

Asuransi lain selain adira asurasnsi kendaraan terbaik Indoenesia yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

INILAH.COM, Jakarta -Dapat dana klaim asuransi, Saipul Jamil sedih karena merasa terganggu dengan pemberitaan media yang terlalu menyorot dana Rp1 miliar.

Penyanyi dangdut Saipul Jamil tak mau bicara banyak lantaran ia kecewa disaat masih berkabung banyak media mengekspos masalah dana klaim asuransi istrinya tersebut.

"Aku nggak mau berkomentar dulu, yang jelas itu mengganggu, sedih banget. Padahal aku masih berkabung," ujar Saipul Jamil saat dihubungi wartawan melalui telepon, Kamis (8/9)

Mantan suami Dewi Persik itu membenarkan, istrinya memang mengikuti program asuransi jiwa sebelum meninggal dunia. Namun dijelaskan bahwa hal tersebut dilakukan semata-mata untuk masa depan keluarganya.

"Aku memang ada asuransi untuk istri aku, tapi itu untuk kepentingan masa depan. Dan aku memang persiapkan semuanya yang terbaik untuk semua. Doain aja yang terbaik," pungkasnya.

SMS Sedot Pulsa, YLKI Kritik Pemerintah

VIVAnews -- Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengatakan, maraknya pesan singkat yang bertujuan menyedot pulsa menandakan lemahnya pemerintah dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dalam melindungi konsumen seluler.

Dengan berbagai kasus yang terjadi, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, kata Tulus, selama ini lebih banyak memperhatikan kepentingan operator seluler, bukan konsumen seluler. "Harusnya ini kan tugas utama BRTI, selain memperhatikan kepentingan operator juga memperhatikan kepentingan konsumen," kata dia, Senin 3 Oktober 2011.

Menurut Tulus, sebagai regulator, fungsi utama BRTI tidak berjalan. Padahal BRTI mempunyai kewenangan dan tanggung jawab yang mutlak untuk mengatur masalah ini.

"BRTI dibuat untuk meregulasi perilaku operator dan meregulasi perlindungan terhadap konsumen seluler sebagaimana diatur di dalam UU Konsumen dan UU Komunikasi. Sebagai regulator dia apa kerjanya, sehingga kasus demi kasus yang sekarang sistemik menimpa konsumen dan dibiarkan saja," tegasnya.

Dikatakannya, jika BRTI kreatif, sebenarnya SMS yang sekarang marak penipuan atau kredit tanpa agunan bisa dikategorikan sampah atau spam sehingga secara otomatis tertolak dengan sendirinya.

"Kalau di luar begeri itu ada yang namanya 'jam' untuk menolak SMS yang tidak dikehendaki konsumen kemudian dianggap sampah, atau kalau di email itu namanya Spam. Itu bisa dilakukan oleh BRTI, tapi kenapa BRTI tidak melakukan itu," ungkapnya.

Di tahun 2011 ini, YLKI mendapat ratusan pengaduan tentang kasus SMS penipuan. "Seharusnya dibuat regulasi bagaimana agar konsumen pulsanya tidak termakan oleh pihak content provider yang berbuat semena-mena itu. Itu hal gampang, hal teknis. Apalagi sekarang banyak orang miskin yang memakai seluler. Jadi ini adalah proses pemiskinan melalui pemotongan pulsa oleh operator seluler atau pihak yang bekerja sama dengan operator seluler," kata dia.

Menurut Tulus, di sini peran Kominfo tidak mempunyai kemauan untuk melindungi konsumennya. "Kominfo tidak punya 'gereget' untuk melindungi konsumen seluler, tidak punya kemauan, dan BRTI tidak bisa menjalankan perintah Kominfo," tegasnya.

Kominfo harus mengelaborasi apakah ini perilaku operator langsung, atau content provider, atau perilaku content provider yang dibiarkan operator karena sama-sama mendapat keuntungan.

"Sekarang modusnya semakin kreatif, termasuk dari mana dia mendapat nomor telepon kita. Itu ada kontribusi dari pihak penjual pulsa," ungkapnya. Tulus berharap konsumen harus mulai kritis bahwa hal-hal privasi tidak mudah dibuka.

Kursi Kereta Ekonomi Sekarang Bisa Dipesan

TEMPO Interaktif, Bandung - PT Kereta Api Indonesia meneruskan kebijakan membuka layanan untuk pemesanan kursi kereta api kelas ekonomi, yang sebelumnya dicoba khusus mengantisipasi angkutan Lebaran. ”Sekarang dilanjutkan, pemesanan tiket kereta kelas ekonomi ada pemesanan H-7 (sebelum berangkat),” kata Humas KAI Daerah Operasi II Bandung Bambang S Prayitno saat dihubungi, Rabu, 14 September 2011.

Tidak hanya dapat dipesan sebelum hari keberangkatan kereta, PT Kereta Api juga melengkapi kursi kereta kelas ekonomi dengan nomor tempat duduk. Sebelumnya, saat angkutan Lebaran, kendati bisa dipesan, kereta kelas ekonomi tidak dilengkapi dengan nomor tempat duduk, tiket yang dipesan hanya ada nomor gerbong keretanya.

Namun pemesanan tiket kereta api kelas ekonomi 7 hari sebelum jadwal keberangkatannya baru dibatasi di stasiun kereta yang masih dalam Daerah Operasi kereta ekonomi itu. Di luar wilayah itu, penjualan tiket kereta hanya sisa kursi yang tersedia dan dibuka di hari H keberangkatan kereta itu.

Dia mencontohkan, KA Pasundan dari Stasiun Kiarancodong menuju Surabaya, pemesanan tiket hanya dilayani di stasiun kereta yang masuk di wilayah Daerah Operasi II Bandung yang mengelola kereta ekonomi itu. Penjualan tiket kereta itu di semua stasiun di luar wilayah Daerah Operasi II yang dilintasi kereta itu, hanya dibuka pada hari H kereta itu berangkat. ”Hanya sisa tempat duduk yang ada,” kata Bambang.

Kebijakan itu akan berlaku di semua Daerah Operasi yang memiliki layanan kereta kelas ekonomi untuk jarak sedang dan jarak jauh. Bambang mengatakan, Direksi KAI menyebarkan telegram pada semua wilayah untuk melaksanakan kebijakan itu per 13 September 2011 lalu. Layanan pemesanan itu akan dibuka serentak untuk keberangkatan kereta ekonomi pada 19 September nanti.

Menurut Bambang, selain membuka pemesanan tiket kereta api yang dilengkapi nomer tempat duduk, PT Kereta Api juga membatasi kelebihan jumlah penumpang tiap gerbongnya. Untuk kereta kelas ekonomi, tiket yang dijual, toleransinya dibatasi 125 persen.

Pada angkutan Lebaran lalu, toleransi kelebihan penumpang untuk kereta ekonomi sampai 150 persen. ”Toleransi 125 persen ini sama dengan kereta api kelas bisnis,” katanya.

Bambang mengatakan, kebijakan itu sengaja dikeluarkan KAI untuk meningkatkan layanan kereta bagi penumpang kereta ekonomi jarak sedang dan jarak jauh. Selama ini, kereta kelas ekonomi selalu digambarkan tidak tertib, tidak nyaman, dan berdesakan.

Kebijakan itu akhirnya diambil direksi KAI selepas perusahaan kereta itu mengevaluasi kebijakan pemesanan tiket dan pembatasan penumpang untuk kereta api sepanjang angkutan Lebaran kemarin. Perusahaan menilai kebijakan itu berhasil. ”Bagaimanapun juga kereta punya keterbatasan kapasitas tonase, itu tetap harus dipertimbangkan,” kata Bambang.

Dia mengakui, kebijakan pembatasan penumpang itu berisiko membuat pendapatan PT Kereta Api turun. ”Pasti kehilangan,” katanya. ”Tapi daripada dipaksa masuk semua. Tidak beli tiket, sama-sama juga (kehilangan pendapatan),” kata Bambang.

Dengan begitu, kepercayaan masyarakat pada layanan kereta karena dalam memperbaiki kualitas juga terdongkrak. Di antaranya, karena ada kepastian bagi penumpang kereta ekonomi, pemberangkatan kereta lebih teratur, penumpang tidak serabutan lagi. ”Juga fungsi toilet akan berfungsi benar, jendela tidak akan lagi diapkai untuk masuk kereta,” kata Bambang.

Kalaupun permintaan penumpang kereta ekonomi membludak, tidak menutup kemungkinan PT Kereta Api akan membuka layanan kereta tambahan. Layanan pemesanan tiket kereta ekonomi untuk pemberangkatan pada 19 September nanti sudah dibuka sejak awal pekan ini.

Pesona Kincir Angin Belanda nan Legendaris

KOMPAS.com - Belanda tidak hanya terkenal dengan bunga tulip tetapi juga kincir angin. Kincir angin merupakan warisan budaya yang memesona bangsa-bangsa lain sehingga menjadi ikon Belanda dengan sebutan Negeri Kincir Angin.

Orang Indonesia sudah sangat kenal dengan ikon kincir angin Belanda. Karena, sebuah toko roti terkemuka di Indonesia menggunakan nama negara tersebut dengan ikon kincir angin di atas bangunan tokonya.

Menemukan kincir angin di negara asalnya Belanda sesungguhnya tidak sulit. Sebab bangunan khas kincir angin yang sudah ada di Belanda sejak ratusan tahun yang lalu ini masih banyak tersebar di seluruh wilayah Belanda .

Kincir angin pada awal keberadaannya di Belanda sekitar abad 13 berfungsi untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan baru yang lebih luas (polder). Hal ini mengingat letak dataran Belanda yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan laut.

Dengan perkembangan teknologi, sekitar abad ke-17 kincir angin digunakan juga sebagai sarana pembantu di bidang pertanian dan industri. Seperti memproduksi kertas, mengasah kayu, mengeluarkan minyak dari biji, dan menggiling jagung.

Jumlah kincir angin beberapa abad lalu ada sekitar 10.000 kincir angina. Sekarang, kurang lebih 1000 kincir angin. Sebagian kincir angin yang ada sekarang masih berfungsi serta menjadi obyek wisata yang sangat menarik.

Setiap orang yang pernah berkunjung ke Belanda sudah bisa dipastikan akan mencari kincir angin. Sebagian besar kincir angin yang tersebar di seluruh wilayah Belanda sekarang hanya berdiri sendiri (satu bangunan) di suatu lokasi daerah.

Sedangkan yang merupakan kumpulan kincir angin, ada di dua tempat dan sudah menjadi obyek wisata yang terpopuler di Belanda.

Tempat ini adalah kawasan wisata yang dilestarikan atau dilindungi yaitu Zaanse Schans di Provinsi Belanda Utara (Province North Holland) dan Kinderdijk di Provinsi Belanda Selatan (Province South Holland).

Kumpulan kincir angin di kawasan wisata Zaanse Schans tampaknya belum banyak dikenal warga Indonesia yang berkunjung ke Belanda. Padahal lokasinya hanya 30 menit perjalanan dengan mobil, bus atau kereta api dari Bandara Schiphol Amsterdam atau 15 menit dari Centrum Amsterdam.

Jarang orang Indonesia yang membicarakan keindahan obyek wisata di Zaanse Schans terutama pemandangan kincir angin yang terletak berjajar di pinggiran sungai yang besar dan di tengah hamparan daerah pertanian yang hijau serta rumah-rumah tradisional Belanda.

Berkunjung ke kawasan wisata Zaanse Schans seyogyanya tidak dilewatkan saat mengunjungi Belanda karena lokasinya tidak jauh dari Amsterdam, terutama saat udara tidak dingin khususnya pada musim panas.

Mengunjungi kawasan wisata Zaanse Schans yang dilestarikan ini selain menambah pengetahuan tentang fungsi kincir angin juga akan mengenal sekaligus menikmati keindahan daerah yang mempresentasikan cara hidup orang Belanda abad 17-18 atau dikenal juga sebagai Open Air Museum.

Wisatawan bisa menikmatinya dengan berjalan kaki di sepanjang tepi Sungai Zaan, mengunjungi berbagai obyek wisata di kawasan tersebut. Bisa juga dengan menaiki kapal wisata menyusuri sungai (rondvaart) merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga yang hanya ada di negeri kincir angin ini.

Kawasan wisata Zaanse Schans terletak di wilayah pemerintahan Zaanstad yang ibukotanya di Zaandam dan terkenal juga sebagai kota industri pertama di Eropa. Kawasan wisata Zaanse Schan berada di kota Zaandijk yang berdekatan dengan Zaandam.

Setiba di Zaandijk setelah menggunakan transporatasi kereta api yang berhenti di stasiun Koog aan de Zaan akan terlihat Sungai Zaan yang besar dan banyaknya kincir angin dengan aneka bentuk dan ukuran besar atau kecil.

Kemudian kita akan menghirup bau coklat yang sangat tajam dari suatu pabrik coklat yang juga sudah berumur ratusan tahun. Sebelum tiba di kawasan wisata Zaanse Schans akan melewati pemukiman yang sebagian besar rumahnya masih berasitektur kuno (Oud Zaandijk).

Kemudian menyebrangi jembatan yang sangat modern. Salah satu bagian jalan jembatan akan terangkat ke atas apabila kapal laut yang berukuran besar akan melewati bawah jembatan. Memasuki kawasan wisata Zaanse Schans tidak dipungut biaya.

Wisatawan langsung akan terlihat bangunan rumah kayu tradisional Belanda yang sudah berumur ratusan tahun (Zaanse Huisjes) dengan arsitektur unik khas Belanda yang sebagian besar dinding rumah kayunya berwarna hijau dan merupakan ciri khas rumah warga di wilayah Zaandstad.

Di pinggiran Sungai Zaan di kawasan wisata yang dilestarikan ini terdapat kumpulan kincir angin yang bentuknya beraneka ragam dan setiap kincir angin itu mempunyai fungsinya masing-masing.

Di sini bisa dilihat cara kerja kincir angin baik untuk keperluan mengeringkan lahan maupun keperluan industri dan pertanian. Di sepanjang Sungai Zaan dahulunya ada ribuan kincir angin.

Sekarang di kawasan Zaanse Schans tinggal 6 kincir angin yaitu De Huisman (pembuatan makanan saus mustard), De Kat (pembuatan cat), De Gekroonde Poelenburg & Jonge Schaap (penggergajian kayu), De Zoeker & De Bonte Hen (pembuatan minyak).

Ditambah 2 kincir angin yang kecil adalah De Windhond (pengasah batu) dan De Hadel (menguras air). Kincir-kincir angin ini pada musim dingin hanya dibuka untuk umum pada akhir pekan saja atau sesuai perjanjian kecuali Jonge Schaap yang buka setiap hari.

Untuk masuk ke dalam kincir angin dan melihat aktivitas dalam kincir angin akan dikenakan biaya. Sesungguhnya masih ada lagi kincir angin di luar wilayah kawasan wisata yang dilestarikan yang jumlahnya puluhan di wilayah Zaanstad ini.

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa museum yang mempresentasikan kehidupan masa lalu orang Belanda abad 17-18 khususnya di wilayah Belanda Utara. Museum Zaans menyimpan koleksi artefak dan lukisan mengenai kehidupan orang Belanda ratusan tahun yang lalu.

Meseum yang lebih kecil di wilayah ini terkait dengan perusahaan-perusahaan ternama yang awalnya berdiri di Zaandam, seperti Verkade Paviljoen (produsen makanan coklat dan kue).

Ada pula museum dari supermarket tertua dan terbesar di Belanda saat ini yaitu Alberthijn yang berdiri pada tahun 1887. Lalu ada Het Nederlandse Uurwerk (museum jam), Bakkerij museum in de Gecroonde Duyvekater (museum pembuatan roti dan kue).

Museum Kincir Angin juga bisa dilihat tetapi terletak di Koog aan de Zaan saat berjalan memasuki Zaandijk.

Yang menarik di kawasan wisata Zaanse Schans bisa dilihat produk traditional Belanda lainnya yaitu pabrik pembuatan keju sekaligus toko penjualan keju (De Catherine Hoeve) dan pabrik pembuatan sepatu kayu bakiak atau klompen (the Wooden Shoe Workshop the Zaanse Schans) yang tidak dipungut biaya masuk.

Klompen yang dibuat bentuknya unik dan lucu. Ada yang diukir, klompen sepatu roda, dan klompen ketawa. Ada juga pabrik kerajinan tembaga (The Coopery) dan perak yang sudah ada sejak ratusan tahun pula (The Tinkoepel).

Salah satu obyek wisata yang baru di Zaanse Schans adalah Museum Penyulingan Minuman yang memperlihatkan proses penyulingan 150 tahun yang lalu, tentunya pengunjung dapat mencicipi pula.

Untuk kenyamanan wisatawan tersedia pula toko-toko cinderamata (Vrede Souvenirs & Gift, Souvenirs & Diamonds ‘Saense Lelie’), toko barang-barang antik dan unik (Het Jagershuis).

Melengkapi kenyamanan berwisata di kawasan ini tersedia beberapa restoran dengan interior dan makanan khas Belanda. Di antaranya yang menyediakan kue traditional Belanda pannekoek (pancake) berukuran diameter 29 cm yang bisa dinikmati di Restoran De Kraai.

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini dari berbagai penjuru dunia. Mereka mengakui kincir angin merupakan bangunan tradisional yang bentuknya sangat unik sehingga terlihat memesona.

Mereka juga menjadi lebih kagum karena ternyata kincir angin itu mempunyai fungsi yang sangat berarti bagi kehidupan orang Belanda dahulu dan sekarang.

Saat ini kincir angin sudah menjadi obyek wisata yang sangat menarik jika kita ingin lebih mengenalnya bersama dengan warisan budaya lainnya yang ada di Zaanse Schans.

Lakukan Reshuffle Sekarang atau Tidak

INILAH.COM, Jakarta - Wacana reshuffle kabinet kembali mencuat. Pihak Istana telah menyampaikan isyarat akan adanya reshuffle kabient. Bagaimana respons Partai Golkar atas wacana ini?

Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso mengatakan isyarat reshuffle kali ini cukup terang benderang dibanding hingar-bingar sebelumnya. "Jika bulan-bulan ini tidak dilakukan reshuflle semua serba terlambat, saya tegaskan tidak perlu dilakukan reshuffle sampai masa berakhir pemerintahan," katanya kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/9/2011). Berikut wawancara lengkapnya:

Bagaimana pendapat Anda tentang reshuffle kabinet yang diisyaratkan oleh Istana?

Kali ini saya menangkap sinyal dan bahasa tubuh yang jelas dan clear sebagaimana yang disampaikan Staf Khusus Presiden Daniel Sparingga dan Mensesneg Sudi Silalahi. Sinyal itu tidak saya dapatkan saat hingar bingar reshuffle kabinet beberapa waktu lalu.

Saya berpendapat jika presiden melakukan reshuffle, ini momentum terakhir beliau, dari segi ketepatan waktu. Jika bulan-bulan ini tidak dilakukan reshuffle semua serba terlambat, saya tegaskan tidak perlu dilakukan reshuffle sampai masa berakhir pemerintahan.

Kenapa harus saat ini reshuflle dilakukan?

Saat ini mata dan telinga tertuju ke kabinet. Mohon maaf, kinerja kabinet banyak catatan termasuk catatan dari UKP4. Parlemen menyangsikan kabinet sesuai harapan dan cita-cita presiden. Kalau beliau atas nama profesionalitas dan meningkatkan efektivitas pemerintah, itu hak presiden. Kami menyerahkan itu kepada presiden.

Menurut Anda pos menteri mana yang jeblok?

Yang saya tangkap, pernyataan Sudi, tidak hanya sekadar sebagai Mensesneg tapi orang dekat Presiden, evaluasi bisa dilakukan utk hal-hal yang bersifat kedinasan, kinerja dan persoalan pribadi. Ini sinyal yang terang benderang.

Soal siapa yang jeblok? ada baiknya kita percayakan saja. UKP4 punya tugas khusus. Lebih baik kita hormati mereka. Kami lebih baik menunggu. Tapi saya pastikan, sepenuhnya menyerahkan kepada presiden.

Bagaimana dengan pos kementerian yang dimiliki Partai Golkar?

Apakah Partai Golkar kena reshuffle ataukah penambahan atau pengurangan sepenuhnya kewenangan presiden. Hanya khusus untuk menteri Golkar, kami merasadihormati jika Ketum Pak Aburizal Bakrie diajak bicara. Tapi singkatnya kita tidak mau turut campur

Apakah Anda yakin reshuffle dilakukan?

Tanda-tanda alam menuju ke sana cukup terang benderang. Tapi semua diserahkan ke SBY. Kalau tanda-tanda zaman terjadi, saya sarankan hentikan wacana reshuffle. Momentumnya saat ini. Karena saat ini pemerintahan SBY tinggal 3 tahun lagi. kalau tersisa 2 dan 1 tahun, tokoh-tokoh kaliber akan hilang.

Di Balik Kekalahan Arsenal dari Spurs

VIVAnews - Gelandang Tottenham Hotspur, Gareth Bale punya analisa terkait start kurang bagus Arsenal di pentas Premier League. Menurut Bale, hal itu dikarenakan Arsenal tak mampu menjaga para pemain bintangnya hengkang.

Skuad Arsene Wenger memang tampak limbung pasca ditinggalkan beberapa pemain bintangnya. Cesc Fabregas kembali ke Barcelona, sedangkan Samir Nasrid dan Gael Clichy menyeberang ke Manchester City.

Hal serupa hampir dialami Spurs saat bursa transfer musim lalu. Saat itu, Gareth Bale dan Luka Modric terus ditempel Chelsea yang menawarkan gaji tinggi. Namun manajemen Spurs sukses menggagalkan kepergian keduanya. Hal itu yang dinilai Bale sebagai jawaban realistis saat Spurs sukses mengalahkan Arsenal 2-1, akhir pekan lalu.

"Arsenal sebenarnya tidak beruntung karena tidak dapat menjaga pemain-pemain terbaiknya. Itu yang membuat mereka sekarang mudah dikalahkan," ujar Bale dilansir Express.co.uk.

Arsenal saat ini masih terperosok di peringkat 15 klasemen sementara Premier League. Robin van Persie cs baru mengoleksi tujuh poin dari tujuh laga setelah baru menuai dua kemenangan, sekali seri dan empat kali menelan kekalahan.

Sedangkan Spurs yang sempat mengawali musim dengan kekalahan dari Manchester United, kini mulai bangkit. Dari enam laga yang baru dilakoni, pasukan Harry Redknapp kini nangkring di posisi enam dengan koleksi 12 poin.